News & Update
ID

Wahai Anak Muda, Yuk Jelajahi Keindahan Nusantara...


Tim Jelajah Sepeda Flores-Timor pada upacara bendera 17 Agustus di Puncak Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Traveling atau bepergian adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan anak muda. Hal tersebut dikemukakan oleh penggagas kegiatan ekspedisi Aksa 7, Anggi Frisca dan petualang Medina Kamil.

"Dengan menjelajahi alam akan tumbuh dengan sendirinya semangat nasionalisme. Ketika kita mulai lebih dekat dengan masyarakat, lebih dekat dengan alamnya muncul rasa cinta yang lebih untuk itu," kata Anggi saat ditemui di acara final konfigurasi Aksa 7 sekaligus memperingati Sumpah Pemuda di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/10/2016).

Serupa dengan Anggi, petualang Medina Kamil juga mengatakan bahwa bepergian, mengeksplor keindahan alam Indonesia dapat menumbuhkan semangat nasionalisme khususnya di kalangan anak muda.

"Traveling ke banyak tempat, akhirnya bisa mengenal bahasa, karakter masyarakat, dan tempat yang indah. Bisa langsung merasakan alam Indonesia itu seperti apa. Jangan hanya melihat hancurnya pemerintahan. Kalau kita bisa melihat indahnya negeri ini semuanya bagus," kata Medina ditemui di acara yang sama.

Peserta Aksa 7 Bootcamp berkumpul di Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Sabtu (8/10/2016).

Merayakan Sumpah Pemuda sekaligus final dari ekspedisi, kelompok ekspedisi Aksa 7 membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 71 meter di Bundaran HI, Minggu (30/10/2016).

Ekspedisi sebelumnya telah dilakukan sejak bulan November tahun 2014 untuk merekam keindahan alam Indonesia lewat film dokumenter yang dibuat oleh enam penggagas, yaitu Anggi Frisca, Jogie Khrisna Muda Nadeak, Yohanes Christian Pattiasina, Rivan Hanggarai, Wihana Erlangga, dan Teguh Rahmadi.

Semua memiliki latar belakang yang sama yakni sinematografer asal Institut Kesenian Jakarta.